Wednesday, April 29, 2015

artikel termo

Mengapa Tabung Elpiji Terasa Dingin Saat Digunakan?





LPG (Liquified Petroleum Gas) sudah sangat familiar dalam kehidupan kita, bila dulu kita memasak dengan kompor minyak tanah sekarang menggunakan kompor gas dengan LPG sebagai bahan bakar. LPG adalah bahan bakar gas yang mayoritas komponennya adalah Propana (C3H8) dan Butana (C4H10), gas ini dikompresi (dinaikan tekanannya) agar fasanya diubah menjadi cair saat dimasukkan ke tabungnya.


Saat kita menggunakan LPG (dipakai untuk memasak), tabung akan terasa dingin bahkan terkadang mengembun, kenapa ini bisa terjadi?


Hal ini terjadi karena saat LPG dipakai artinya kita akan membuka sedikit tutup tabungnya yang sehingga menurunkan tekanannya, saat gas LPG keluar menuju selang fasanya cair berubah menjadi gas karena pada tekanan biasa (1 atm) fasa LPG adalah gas. Perubahan fasa dari gas menjadi cair bersifat Endotermik (membutuhkan panas).


Dalam termodinamika kita mengenal sistem dan lingkungan, bila kita asumsikan LPG adalah sistem sedangkan tabung LPG adalah lingkungan, maka sistem yang bersifat Endotermik akan mengambil panas dari lingkungan sehingga tabung LPG tadi akan terasa dingin karena kehilangan panas.

No comments:

Post a Comment